TEMAN

Selasa, 13 September 2011

MOTIVASI


sumber gambar :https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitSX3H3XtGmPyLXwleL9ylCqOS6BXHE7qial2eX4FyuUv2HIc09QvgySkCOizMYk8mKU8FV4-Gt6hk935gqhci-Q14JaIhxWIG0aXmWJGTLRCOHYNsKelPJsqVUJ33UKa7Q3KXsNrfkP4/s1600/motivasi+hari+ini.jpg



SEMINAR (MOTIVASI)
Di STIKOM Surabaya mengadakan seminar dengan para peserta Mahasiswa Baru dengan topik "Motivasi" serta dengan pembicara Bpk. Bambang Hariadi. Dari seminar tersebu kami mendapat informasi sebagai berikut.
Motivasi berasal dari kata "Motiv" yang berarti dorongan . Motivasi adalah segala sesuatu yang membuat seorang bertingkah laku tertentu atau Motivasi adalah kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi kearah pencapaian tujuan organisasi.
Motivasi menurut Stopper P. Robbins adalah suatu proses dari intensitas, bimbingan dan kegigihan seorang atas kerja keras untuk mencapai tujuan.
Elemen kunci dari pengertian diatas adalah Intensitas, seberapa keras seorang mencoba. Lalu Bimbingan untuk mencapai tujuan dan yang terakhir adalah kerja keras seorang untuk mencoba.
Kebutuhan dan Motivasi saling berhubungan bagi manusia. Kebutuhan sendiri dapat diartikan kekurangan yang dirasakan seseorang pada waktu tertentu atau suatu keadaan internal yang menyebabkan hasil tertentu tampak menarik.
Terdapat beberapa teori kebutuhan manusia yakni :
Teori Mascow dimana dalam teori ini menyebutkan lima kebutuhan hirarki ; psikologis, keamanan, sosial, penghargaan dan aktualisasi diri sendiri.
Teori ERG (Clayton Alderfar) dalam teori ini ia menyebutkan tiga inti kebutuhan ; eksistensi, kekerabatan dan pertumbuhan. Konsepnya adalah "lebih dari satu kebutuhan dapat diberlakukan pada saat yang sama.
Teori lain yang membahas kebutuhan manusia adalah teori dari Bapak Motivasi, David McClelland. Dia menyebutkan beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia yakni:
1. Needs Of Achievement (Kebutuhan atas penghargaan)
2. Needs Of Attaination (Kebutuhan atas kerja keras)
3. Needs Of Power (Kebutuhan atas kekuatan)
Contoh kata bijak yang dapat memotivasi diri kita. "Kita lahir dengan dua mata didepan wajah kita karena itu pandanglah kedepan, pandanglah masa depan kita dan jangan pernah putus asa."
"Orang yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka suka atau tidak."
"Kesempatan tidak datang sekali, hanya kita yang belum bisa mendapatkannya." Dari seminar tersebut didapat kesimpulan bahwa setiap perilaku kita berdasarkan motivasi dan motivasi terbaik ialah kumpulan dari tingkah laku kita yang muncul dari dalam diri kita sendiri.

Seminar berikutnya mengenai "Jiwa Enterpreneurship" oleh Bapak Juliantoro. Tujuannya sama, untuk membangun motivasi dan kreatifitas dari diri kita masing-masing.
Definisi Enterpreneurship adalah orang yang mampu mengolah sumber daya yang ada untuk menjadi barang yang berharga.
Seorang wirausah dituntut untuk menggeluti usaha tidak sekedar ala kadarnya akan tetapi dengan keberanian dan kegigihan sehingga usahanya tumbuh dan berkembang. Serta harus bersahabat dengan ketidak pastian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Twitter Follow!